Monday, April 13, 2020

Cara Efektif Mencegah Penyebaran Virus COVID-19

Virus Corona atau COVID-19 menurut WHO merupakan bagian dari keluarga virus yang menyebar dan menginfeksi melalui manusia dan hewan. Virus Corona perntama kali ditemukan di Wuhan, China pada Desember 2019. Virus ini kemudian diberi nama Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV2). Nama COVID-19 diberikan Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus di Jenewa, Swiss pada Selasa, 11 Februari 2020. Virus ini dapat menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia), Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Saat ini jumlah kasus COVID-19 di Indonesia mencapai 4.241 kasus, 380 orang sembuh dan 399 orang meninggal (13/04/2020). Namun, kita kita dapat mencegah peningkatan kasus COVID-19 dengan beberapa cara efektif berikut.
1.      Rajin Mencuci Tangan dengan Sabun
Dengan mencuci tangan dengan sabun kita dapat mengurangi kemungkinan terinfeksi virus corona. Mengapa demikian? Virus merupakan organisme yang mempunyai dinding sel berupa lemak, sehingga ketika kita mencuci tangan dengan sabun maka virus tersebut akan rusak dan akhirnya mati. Bila kita tidak sempat mencuci tangan dengan sabun, maka gunkanlah hand sanitaizer yang mengandung alcohol sekitar 60% untuk mensterilkan tangan kita.
2.      Melaksanakan anjuran Physical Distancing
Pemerintah Indonesia telah memberikan anjuran bagi warganaya untuk melaksanakan Physical Distancing dengan cara Work From Home. Menurut WHO kebijakan Physical Distancing diyakini dapat menekan angka kasus penularan COVID-19. Sebab jarak yang terlalu dekat memungkinkan Anda menghirup tetesan air dari hidung atau mulut orang yang mungkin terinfeksi Covid-19 ketika ia bersin atau batuk.
3.      Hindari Menyentuh Daerah Wajah
Untuk melindungi diri dari COVID-19 usahakan untuk tidak sering-sering menyentuh bagian wajah. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab tangan umumnya menyentuh banyak permukaan yang mungkin terdapat virus. Setelah virus tersebut menempel pada tangan, maka tangan pun bisa memindahkan virus ke mata, hidung atau mulut ketika Anda menyentuhnya. Dari sanalah, virus masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan Anda sakit.
4.      Menjaga Etika Bersin dan Batuk
Ketika seseorang bersin dan batuk secara reflek pasti akan menutup mulut dengan telapak tangan. Namun hal itu keliru, cara yang benar ketika kita bersin atau batuk taitu menutup mulut atau hidung dengan sikut bagian dalam karena bagian tersebut merupakan daerah yang jarang tersentuh sehingga kita dapat mencegah angka penularan virus COVID-19.
5.      Cari Informasi Terbaru mengenai Penyebaran Virus COVID-19
Penting bagi kita untuk mengtahui tentang penyebaran virus COVID-19. Informasi tersebut akan sangat berguna bagi kita dan orang di sekitar kita. Dengan semakin mudahnya kita untuk mendapat informasi tentang penyebaran dan pencegahan COVID-19 maka kita dapat teredukasi dan dapat mengedukasi orang lain.

Sumber Artikel
-https://www.alodokter.com/virus-corona
-https://www.sehatq.com/artikel/mencegah-virus-corona-lakukan-langkah-sederhana-ini

No comments:

Post a Comment