Sunday, April 12, 2020

Wisata kuliner di Los lambuang Bukittinggi

 Wisata kuliner di 

Los lambuang Bukittinggi 

Topik : review makanan

  Sumatera Barat sangat terkenal dengan wisatanya yang banyak, salah satunya yaitu kota Bukittinggi. Kota tempat beradanya jam gadang ini punya beberapa tempat kuliner makanan yang wajib dicoba. Salah satunya yg berada di los lambuang.  Los Lambuang sendiri jika diartikan secara harafiah bermakna “Lorong Lambung”. Bagi warga sekitar Bukittinggi, kios ini adalah tempat untuk mengisi lambung saat lapar. Lokasi dari los lambuang  ini berada di pasar lereng,  Bukittinggi. Untuk sampai ke lokasi tersebut  perlu berjalan menyusuri beberapa tikungan,  beberapa anak tangga,  dan juga gang gang sempit.  Namun usaha tersebut akan terbayar setelah menikmati makanan yang ditawarkan.
   Penjual nasi kapau tersebut  rata-rata perempuan,mereka akan berdiri diatas sebuah panggung kecil dan akan melayani pengunjungnya dengan sendok besar bergagang panjang kurang lebih setengah meter yang terbuat dari batok kelapa, sementara pengunjung akan duduk lebih rendah dibandingkan penjualnya. Menu masakan yang ditawarkan pun juga beragam seperti tambunsu, dendeng balado, gulai cancang, Ayam panggang, gulai kikil, dan lain-lain. Tentunya rasa dari masakan tersebut kaya akan rempah rempah. 
   Di los lambuang ini tidak hanya makanan berat (nasi kapau)  saja yang ditawarkan, tetapi makanan ringan juga seperti cindua langkok, es tebak, lupis ketan, dan lain lain.  Dahulu apabila ada wisatawan luar kota (Sumatera barat)  datang berkunjung untuk berwisata  kuliner dilos lambuang, para penjual akan  memberikan harga yang relatif  tinggi dari biasanya.  Namun sekarang, harga yang diberikan oleh penjual sama semua. Untuk makanan berat (nasi kapau) memiliki harga Rp. 28. 000-30.000. Sedangkan untuk makanan ringan ini memiliki harga Rp. 7.000-10.000. harga yang diberikan tersebut sepadan dengan cita rasa yang diberikan dari masakannya. 
   Oleh karena itu sangat direkomendasikan kepada para wisatawan untuk berkunjung ke los lambuang  apabila ingin menjelajahi wisata kuliner yang ada di Bukittinggi.

Sumber gambar :

Sumber Informasi :


No comments:

Post a Comment