Saturday, April 11, 2020

PRAKTIKUM GAMBAR TEKNIK

Topik : Resume Materi Favorit Mata Kuliah



     Praktikum Gambar Teknik merupakan salah satu mata kuliah yang saya ambil pada semester 2 di prodi Teknik Industri, Telkom University. Praktikum ini bertujuan agar mahasiswa dapat membuat suatu komponen alat dan mesin di suatu aplikasi yang bernama Autodesk Inventor. Saat SMA saya sempat belajar Gambar Teknik oleh guru saya saat kelas 11, mungkin hanya SMA saya saja yang diajarkan Gambar Teknik, karena sebagian besar siswa di sekolah saya bertujuan untuk kuliah di Fakultas Teknik. Perbedaan Gambar Teknik yang saya pelajari saat SMA dan kuliah adalah, saat SMA saya menggambar teknik menggunakan kertas dan dikerjakan manual, sedangkan saat kuliah saya menggunakan aplikasi komputer dan lebih praktis tanpa harus menggunakan kertas.
     Praktikum diadakan tergantung shift masing masing kelompok FRI, saya mendapat shift 4 pada hari rabu yang dilakukan pada sore hingga malam hari. Mungkin bagi yang belum terbiasa pulang malam akan keberatan dengan ini, namun lama lama akan terbiasa. Selama Praktikum ada beberapa sesi yang dilakukan selama 3 jam pelajaran. yang pertama adalah sesi Pre-Test dimana mahasiswa diuji kemampuan dasar mengenai tools aplikasi Autodesk Inventor melalui quiz. Selanjutnya ada sesi Thug Life dimana sesi ini dibilang 'jackpot' karena mahasiswa akan dipilih secara acak/random untuk maju kedepan dan menjelaskan apa yang akan dipelajari pada hari itu. selanjutnya ada sesi Labwork dimana mahasiswa disuruh untuk melakukan pengerjaan lab sesuai modul yang diberikan. dan yang terakhir adalah sesi Post-test, pada sesi ini mahasiswa melakukan tes akhir yaitu membuat suatu objek sesuai modul tanpa melihat step by step yang dijelaskan saat Labwork.
    Bab/Modul yang saya sukai pada praktikum ini adalah Modul 5, dimana kita diharuskan untuk memberi warna pada objek yang telah kita buat komponen dan digabungkan. Meskipun banya sekali komponen yang harus diberi warna dan penambahan material, namun cara pengerjaannya cukup mudah dan mempercepat durasi waktu. Walaupun praktikum modul 5 ini dikerjakan di rumah/ praktikum online karena situasi COVID-19 yang sedang membahayakan seluruh masyarakat Indonesia dan juga seluruh dunia, saya merasa mampu untuk mengerjakan praktikum tersebut setelah menonton cuplikan tutorial praktikum di channel Youtube GTX Laboratory.


No comments:

Post a Comment