Saturday, April 11, 2020

TUTORIAL PENGGUNAAN GOOGLE DRIVE

Topik : Tutorial Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

     Google drive atau Berkas Google adalah suatu aplikasi dari Google yang mempunyai fungsi sebagai menyimpan file berupa dokumen, video, gambar, dan lainnya yang memiliki kapasitas ruang sebesar 15 GB untuk 1 akunnya. Google Drive banyak dipakai oleh sebagian besar masyarakat di berbagai bidangnya. Dalam Teknik, Google Drive berperan penting apabila ingin menyimpan dokumen sketsa suatu komponen alat atau struktur bangunan Arsitektur. Pengguna Google Drive dapat mengakses dimana saja dan kapan saja asalkan ada koneksi internet disekitarnya.

    Agar mengetahui bagaimana cara menggunakan Google Drive yang baik dan benar tanpa adanya masalah, berikut tutorial penggunaan Google Drive :
1. Search Google Drive atau ketik drive.google.com pada kolom pencarian, setelah itu laman Google Drive akan terbuka dan terlihat tulisan "Drive Saya". Pada Drive saya terdapat File Google Dokumen, Spreadsheet, Slide dan Google Formulir yang anda buat.
2. Buat file di google drive menggunakan file Office, atau mengupload file pada pc anda di Google Drive.
3. Bagikan atau mengatur file yang sudah anda buat di Google Drive dengan cara klik file yang ingin anda bagikan, lalu klik "bagikan" dan setelah itu anda disuruh memilih aplikasi dimana file tersebut dibagikan.

Keterkaitan Google Drive dan Gambar Teknik menurut saya adalah, saat mengumpulkan tugas  online Praktikum Gambar Teknik. Mahasiswa diperintahkan untuk mengupload file pekerjaannya di folder yang sudah disediakan asisten laboratorium di Google Drive. Google Drive memang cara terbaik untuk menyimpan dan membagikan file tanpa adanya masalah pencurian data oleh pihak ketiga lainnya.



Sumber gambar : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Berkas:Google_Drive_logo.png

No comments:

Post a Comment